Ada apa dengan Mual dan muntah


    Mual dan muntah merupakan salah satu gejala yang sering dialami seseorang. Nah, kira-kira penyakit apa sajakah yang kemungkinan dialami oleh orang tersebut?
Berikut saya paparkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi:

1.      Gastritis (sakit magh)
 Penyakit yang satu ini sangat sering dialami oleh seseorang, terutama orang dewasa. Hampir disetiap praktik dokter, penyakit ini sudah jadi penyakit langganan. Gejala yang paling sering muncul adalah rasa perih di ulu hati, mual-mual bahkan sampai muntah. Jika derajatnya sudah parah, muntah bisa disertai dengan darah.

2.       Typhoid Fever (Tifus)
Untuk tifus, gejala mual muntah sangat dominan. Gejala tifus tersebut akan disertai dengan gejala demam, pusing, badan pegal-pegal, diare atau konstipasi dan bisa terlihat lidah terkesan kotor.

3.       Dengue Fever (demam dengue)
 Mual dan muntah merupakan salah satu gejala yang timbul pada penyakit ini. Namun bukan merupakan tanda pasti. Gejala yang menjadi gejala utama pada demam dengue ini adalah panas tinggi mendadak. Gejala lain yang menyertai penyakit ini adalah pusing dan nyeri pada sendi-sendi tubuh.

4.       Malaria
Gejala mual muntah juga akan ditemui pada penyakit ini. Gejala lain yang juga khas ditemui adalah badan demam lebih dari 7 hari, nyeri sendi, pusing, dan didapatkan riwayat habis keluar jawa (daerah endemis).

5.       Leptospirosis
Penyakit ini juga memberikan gejala mual dan muntah, namun masih ada gejala lain yang lebih khas, seperti badan pegal-pegal (terutama betis, yang dipencet menjadi sakit sekali), mata kuning, dan didapatkan riwayat habis bersinggungan dengan genangan air (banjir, sawah, dll).

6.       Hiperemesis gravidarum
Merupakan kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil. Mual dan muntah adalah gejala utamanya. Gejala tersebut muncul karena adanya perubahan hormonal. Respon gejala pun berbeda-beda untuk tiap individu. Gejala muncul terutama saat trimester 1.

7.       Keracunan makanan
Pada kondisi ini, mual dan muntah merupakan salah satu gejala yang sering muncul. Namun gejala lain yang sering menyertai adalah diare, badan lemas, dan terkadang disertai demam.

8.       Usus Buntu/Appendicitis
Gejala yang cukup dominan pada penyakit ini adalah mual dan bisa sampai muntah. Namun gejala khas yang ditemui pada penyakit ini adalah nyeri yang sangat pada bagian perut kanan bawah yang pada awalnya bisa ditemui nyeri pada ulu hati kemudian berpindah. Kemudian gejala lainnya yaitu demam dan terkadang disertai gangguan buang air besar.

9.       Kolesistitis
Merupakan penyakit radang pada kandung empedu. Gejala yang juga sering muncul adalah mual dan/muntah. Namun gejala lain yang menandai penyakit ini adalah nyeri perut kanan atas dan disertai demam.

1.   Kolelithiasis/ Koledokolithiasis (batu saluran empedu)
Gejalanya hampir sama dengan kolesistitis. Namun gejala yang bisa jadi penanda adalah terdapatnya konjungtiva mata yang berwarna kuning atau tubuh secara keseluruhan.


Nah, itu tadi sedikit pemaparan saya terkait berbagai kemungkinan yang bisa terjadi ketika anda mengalami keluhan mual dan/ muntah. Jika anda merasa mengalami gejala yang sesuai dengan salah satu dari penyakit diatas, segeralah untuk pergi ke dokter u8ntuk penanganan lebih lanjut. Jangan lupa menyampaikan secara detail keluhan-keluhan yang anda alami, agar penegakan diagnosa dan penanganannya lebih akurat dan tepat.. Semoga bermanfaat, terimakasih.

0 Response to "Ada apa dengan Mual dan muntah"