Seputar Appendicitis (Radang Usus buntu)

Kejadian Appendicitis atau radang pada usus buntu cukup sering dialami oleh masyarakat disekitar kita. Banyak yang tidak mengetahui bagaimana tanda-tanda awal munculnya dan arti dari appendicitis itu sendiri. Pada kesempatan kali ini akan saya ulas lebih dalam mengenai penyakit ini. Selamat menyimak.

Definisi dan Struktur Anatomi Apendiks
   Apendisitis akut adalah proses peradangan akut pada apendiks vermiformis. Apendisitis akut merupakan penyebab paling umum inflamasi akut pada kuadran kanan bawah rongga abdomen dan penyebab paling umum untuk bedah abdomen darurat.
     Apendiks vermiformis adalah organ berbentuk tabung dan sempit yang mempunyai otot dan banyak mengandung jaringan limfoid. Panjang apendiks vermiformis bervariasi dari 3-5 inci (8-13 cm). Dasarnya melekat pada permukaan aspek posteromedial caecum, 2,5 cm di bawah junctura iliocaecal dengan lainnya bebas. Apendiks adalah satu-satunya organ tubuh yang tidak mempunyai posisi anatomi yang konstan. Lumennya melebar di bagian distal dan menyempit di bagian proksimal.


Penyebab
    Faktor penyebab utama terjadinya apendisitis akut adalah obstruksi lumen apendiks vermiformis. Fekalit adalah penyebab utama terjadinya obstruksi apendiks vermiformis. Disamping hiperplasia jaringan limfoid, tumor apendiks vermiformis, dan cacing askaris dapat pula menyebabkan sumbatan. Erosi mukosa apendiks vermiformis akibat parasit E.histolytica merupakan penyebab lain yang dapat menimbulkan apendisitis.
   Selain itu, pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa peran kebiasaan makan makanan rendah serat dan kandungan lemak serta gula yang tinggi pada orang Barat, serta pengaruh konstipasi, berhubungan dengan timbulnya apendisitis. Konstipasi akan menaikkan tekanan intrasekal, yang berakibat timbulnya sumbatan fungsional apendiks vermiformis dan meningkatnya pertumbuhan kuman flora kolon. Semua ini akan mempermudah timbulnya apendisitis akut.

Gejala Penyakit
    Nyeri perut adalah gejala utama dari apendisitis. Gejala klasik apendisitis adalah nyeri samar-samar dan tumpul yang merupakan nyeri viseral di daerah epigastrium sekitar umbilikus. Nyeri perut ini sering disertai mual serta satu atau lebih episode muntah dengan rasa sakit, dan setelah beberapa jam, nyeri akan beralih ke perut kanan bawah pada titik McBurney. Umumnya nafsu makan akan menurun. Rasa sakit menjadi terus menerus dan lebih tajam serta lebih jelas letaknya sehingga merupakan nyeri somatik setempat, akibatnya pasien menemukan gerakan tidak nyaman dan ingin berbaring diam, dan sering dengan kaki tertekuk. Kadang tidak ada nyeri epigastrium, tetapi terdapat konstipasi sehingga penderita merasa memerlukanobat pencahar. Hal ini sangat berbahaya karena dapat mempermudah terjadinya perforasi. Bila terdapat rangsangan peritoneum, biasanya penderita mengeluh sakit perut bila berjalan atau batuk.

Pemeriksaan Penunjang
   Pemeriksaan penunjang yang paling disarankan untuk mengetahui secara pasti adanya radang pada usus buntu adalah menggunakan ultrasonografi (USG). Ultrasonografi berguna dalam memberikan diferensiasi penyebab nyeri abdomen akut ginekologi, misalnya dalam mendeteksi massa ovarium. Ultrasonografi juga dapat membantu dalam mendiagnosis apendisitis perforasi dengan adanya abses. Apendisitis akut ditandai dengan (1) adanya perbedaan 20 densitas pada lapisan apendiks vermiformis / hilangnya lapisan normal (target sign); (2) penebalan dinding apendiks vermiformis; (3) hilangnya kompresibilitas dari apendiks vermiformis; (4) peningkatan ekogenitas lemak sekitar (5) adanya penimbunan cairan. Keadaan apendisitis dengan perforasi ditandai dengan (1) tebal dinding apendiks vermiformis yang asimetris; (2) cairan bebas intraperitonial, dan (3) abses tunggal atau multipel.

Untuk memudahkan dalam mengetahui kemungkinan penyakit ini, terdapat tabel skor guna mendeteksi penyakit ini:

The Modified Alvarado Score
Skor
Gejala
Perpindahan nyeri dari ulu hati ke perut kanan bawah
1
Mual-Muntah
1
Anoreksia
1
Tanda
Nyeri di perut kanan bawah
2
Nyeri lepas
1
Demam diatas 37,5 ° C
1
Pemeriksaan Lab
Leukositosis
2
Hitung jenis leukosit shift to the left
1
Total
10
Interpretasi dari Modified Alvarado Score:
     1-4     : sangat mungkin bukan apendisitis akut
     5-7     : sangat mungkin apendisitis akut
       8-10   : pasti apendisitis akut


















   Demikian ulasan mengenai penyakit radang usus buntu (Appendicitis). Jika mengalami gejala-gejala yang mengarah kepada penyakit ini, segeralah pergi ke dokter untuk penanganan yang segera. karena kalau terlambat, appendix bisa pecah dan sangat berbahaya karena rongga perut bisa ikut mengalami infeksi, atau disebut peritonitis.

0 Response to "Seputar Appendicitis (Radang Usus buntu)"