Stroke dan Pencegahannya

Mungkin sudah banyak orang mengetahui tentang stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit yang mengenai otak. Otak mengalami kerusakan baik akibat pecahnya pembuluh darah ataupun karena penyumbatan pembuluh darah. Stroke memang sudah banyak terjadi di sekeliling kita. Mungkin keluarga kita ataupun tetangga kita sedang mengalami penyakit yang satu ini. Namun tahukah anda kenapa seseorang bisa terkena serangan stroke ini.
Penyebab stroke bermacam-macam, ada yang bersifat bisa dimodifikasi dan tidak dapat dimodifikasi.

  • Non Modifiable: Umur, Jenis kelamin (Laki-laki>wanita), BBLR, Ras, Riwayat keluarga
  • Modifiable: Hipertensi, merokok, diabetes, dislipidemia (kenaikan lemak tubuh), diet/nutrisi, obesitas, inaktifitas fisik, Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah tepi.
Namun, faktor risiko yang cukup sering memicu terjadinya stroke adalah hipertensi/tekanan darah tinggi. Seringkali seorang yang mengalami hipertensi tidak merasa bahwa dirinya sedang sakit, karena memang minimnya gejala yang ditimbulkannya. Namun tiba-tiba penderita langsung mengalami serangan stroke begitu saja. Jadi, untuk penderita hipertensi, harap berhati-hati. tekanan darahnya harus selalu dikontrol, baik dengan rutin cek tensi dan modifikasi gaya hidup yang sehat serta rutin mengonsumsi obat hipertensi atas anjuran dokter.
Nah, agar penyakit stroke tidak berdampak yang lebih luas terhadap kerusakan yang terjadi di otak, berikut saya berikan tips cara melihat tanda-tandanya melalui poster yang pernah kami buat:

Jadi, berhati-hatilah, karena stroke dapat menimbulkan kecacatan dan bahkan mengancam jiwa. Dengan mengetahui sejak dini gejala stroke, komplikasi-komplikasi stroke dapat dicegah.

0 Response to "Stroke dan Pencegahannya"