Panas (Demam) / Fever

Suhu tubuh manusia disetting normal antara 36,5 - 37,5 derajat celcius. Jika terdapat perubahan suhu diantara rentang tersebut, tubuh akan merespon dengan kondisi badan yang berubah. Yang paling sering terjadi adalah peningkatan suhu diatas normal. Kondisi peningkatan suhu tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang paling sering adalah akibat infeksi mikroba, baik bakteri ataupun virus.

Beberapa penyakit yang erat kaitannya dengan kondisi demam/panas yang paling sering dialami seseorang adalah Flu (common cold), Malaria, Demam dengue, Demam typhoid (Tifus), dan Leptospirosis. Yang membedakan antara penyakit tersebut adalah terkait gejalanya.
- Flu : Disertai pilek, batuk, pusing, demam (greges)
-Malaria : Badan terasa sakit semua, pusing, pembesaran hati dan limpa, riwayat bepergian ke daerah       endemis malaria, demam lebih dari 7 hari.
-Demam dengue : Badan terasa sakit semua, terutama sendi (Arthralgia), kepala sakit (pusing) terutama dibelakang mata, mual, muntah, terkadang bisa disertai manifestasi pendarahan tubuh (mimisan,gusi berdarah, dll), badan mendadak panas (panas kurang dari 7 hari, dimana hari 4-5 demam turun, setelah itu naik lagi)
-Demam Typhoid (Tifus): Riwayat makan makanan kurang higienis, badan terasa sakit semua, pusing, mual muntah (dominan), lidah kotor, demam lebih dari 7 hari, demam memburuk pada sore-malam hari.
-Leptospirosis: Riwayat kontak dengan genangan air (Banjir, genangan sawah, dll), mata kuning, badan linu-linu, mual muntah, demam mendadak lebih dari 7 hari.

Jika mengalami demam yang tidak biasa seperti diatas, segera waspadalah dan segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

0 Response to "Panas (Demam) / Fever"