Merupakan Ilmu yang mempelajari kehidupan Masyarakat, mulai dari gaya hidup, kultural, pola hidup sehat, psikologi sosial, dan manajemen pengelolaan masyarakat terutama dibidang kesehatan.
Pokok utama yang perlu dipelajari dalam IKM ini adalah
-Konsep Pencegahan
-Epidemiologi
-Statistik
-Diagnosis komunitas
-Promosi Kesehatan
-Program-program Puskesmas
1. Konsep Pencegahan
Konsep pencegahan dalam kaitannya mengintervensi pokok permasalahan dibidang kesehatan dalam masyarakat, dalam hal ini penyakit yang di alami sekelompok masyarakat agar bisa terkendali.
Pencegahan ini terdiri dari
Pokok utama yang perlu dipelajari dalam IKM ini adalah
-Konsep Pencegahan
-Epidemiologi
-Statistik
-Diagnosis komunitas
-Promosi Kesehatan
-Program-program Puskesmas
1. Konsep Pencegahan
Konsep pencegahan dalam kaitannya mengintervensi pokok permasalahan dibidang kesehatan dalam masyarakat, dalam hal ini penyakit yang di alami sekelompok masyarakat agar bisa terkendali.
Pencegahan ini terdiri dari
Pencegahan primer : upaya untuk
mempertahankan orang sehat agar tetap sehat atau mencegah orang yang sehat
menjadi sakit.
-
health promotion
-
specific protection
Pencegahan sekunder : upaya untuk
membuat orang yang sakit menjadi sembuh, menghambat progresivitas penyakit,
menghindari komplikasi dan mengurangi disabilitas.
-
early detection : deteksi dini penyakit
-
prompt treatment : pengadaan pengobatan yang
cepat dan tepat
Pencegahan tersier: upaya untuk
mengurangi ketidakmampuan dan mengadakan rehabilitasi.
Proses perjalanan penyakit (natural history of diseas) ada 3:
-Prepatogenesis_Pencegahan Primer
-Patogenesis_Pencegahan Sekunder
-Convalescens_Pencegahan Tersier
2. EPIDEMIOLOGI
a. Epidemiologi
: Ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari kejadian atau
permasalahan kesehatan pada suatu populasi dan pengaplikasiannya terhadap
pengendalian masalah kesehatan.
3. STATISTIK
Skala variable ada 2, kategorik (nominal dan ordinal) dan
numeric (interval dan ratio)
contoh
-
nominal : kedudukan sama, tidak bertingkat.
(golongan darah, tipe mobil, jenis kelamin)
-
ordinal : bertingkat (nilai mahasiswa dalam
bentuk huruf, tingkat pelayanan, tingkat pendidikan), grade hipertensi dsb
-
interval : rentang dalam pengukuran, tidak ada nilai 0 absolut, temperatur
ruangan. Bisa diukur dalam Celsius, atau Fahrenheit, dengan masing-masing punya
skala sendiri. Untuk air membeku dan mendidih:Celcius pada 0° C sampai 100° C.
Sakala ini jelas jaraknya, bahwa 100-0=100
Fahreinheit pada 32° F sampai 212°F. Skala ini jelas jaraknya, 212-32=180
nilai mahasiswa pada angka
-
rasio : ada 0 absolut usia,
umur, penghasilan, laba.
4. DIAGNOSIS
KOMUNITAS
tahapan proses dx komunitas
1.
identifikasi karakteristik komuinitas
besar,
pertumbuhan, penyakit, social ekonomi, pekerjaan dsb
2
identifikasi permasalahan kesehatan pada
komunitas
data primer dan sekunder,
-Menentukan populasi yang akan
didatangi
- Menentukan
metode sampling dan besar sampel untuk pengambilan data
- Menentukan data apa yang ingin diperoleh
dari masyarakat (untuk mengkonfirmasi dugaan faktor risiko yang terjadi di
masyarakat)
- Menentukan metode pengambilan data (survey
dengan kuesioner, Focus Group Discussion, Wawancara, dll)
3
prioritas masalah
·
Metode skoring (MSF) : Magnitude, Severity, Feasability
·
Nominal Group Technique
5. PROMOSI KESEHATAN
a. Program goal, objectives dan
sub-objectives
o
Buat pernyataan goaL, objectives dan
sub-objectives dengan panduan
SMART
-Metode dan strategi
o
Metode: apakah menggunakan pendekatan didactic
atau experiential learning; Strategi: bagaimana cara kelompok sasaran mampu berpartisipasi
dalam kegiatan yang direncanakan, misalnya melibatkan tokoh masyarakat untuk
mengadakan pertemuan warga
-Rencana Evaluasi
o
Buat rencana evaluasi meliputi evaluasi proses ,evaluasi
impact,outcome. Tentukan indicator-indikator apa saja yang akan digunakan untuk
evaluasi dan instrument apa yang digunakan untuk melakukan evaluasi (contoh
instrument: kuesioner, checklist, lembar observasi).
b. teori perilaku adalah sebuah teori tentang bagaimana manusia
melindungi, menjaga dan mempromosikan kesehatannya.
1.
health belief model
sebuah teori prilaku yg berpendapat
bahwa persepsi dan modifying factor berperan besar untuk memprediksi apa yg
akan seseorang lakukan terkait kesehatannya.
n
Perceived severity---the belief that a
health problem is serious
n
Perceived susceptibility---the belief
that one is susceptible to the problem
n
Perceived benefit---the belief that
changing one's behavior will reduce the threat
n
Perceived barriers---a perception of the
obstacles to changing one's behavior
n
Cues to action --- strategies that
promote preventive health actions
n
Self efficacy---the belief that one has
the ability to change one's behavior
12. Transtheoritical
model
Sebuah teori
prilaku yg integrative yang terdiri dari tahap
n
Precontemplation
Benefits of behavior change are not
being considered
n
Contemplation
Starting to consider change but not
yet begin to act on this intention
n
Preparation
Ready to change the behavior and
preparing to act
n
Action
Making the initial steps toward
behavior change
n
Maintanance
Maintaining behavior change while
often experiencing relapses
n
Terminasi
3. Diffusion
of innovation
Sebuah teori perilaku mengatakan bahwa
penyebaran ide dan teknologi berperan penting untuk individu mempromosikan
kesehatannya
6. PROGRAM PUSKESMAS
masalah implementasi program pokok kesehatan
masyarakat di puskesmas dan menyebutkan serta menjelaskan usulan solusi dari
masalah yang ditemukan.
1. Upaya
Promosi Kesehatan Masyarakat/ PROMKES
2. Upaya
Kesehatan Lingkungan / KESLING
3. Upaya
Kesehatan Ibu, Anak & KB / KIA-KB
4. Upaya
Perbaikan Gizi Masyarakt / UPGK-M
5. Upaya
P2 PM (Program Pencegahan Penyakit Menular)
6. Upaya
Pengobatan termasuk Emergency
UKS : TRIAS
1. PENDIDIKAN KESEHATAN
2. PELAYANAN
KESEHATAN
3. PEMBINAAN
LINGKUNGAN KEHIDUPAN SEKOLAH YANG SEHAT
0 Response to "Public Health (Kesehatan Masyarakat)"
Post a Comment